img

Jakarta - Jangan anggap sepele jika Anda kesepian. Menurut studi terbaru, rasa sepi bisa mengganggu sistem daya tahan tubuh dan kesehatan.
Sebab, kesepian memacu produksi protein yang menandakan adanya peradangan. Kondisi ini kerap dihubungkan dengan penyakit jantung koroner, diabetes tipe 2, radang sendi, Alzheimer dan mempercepat penuaan.

"Ini sudah jelas dari penelitian sebelumnya bahwa hubungan asmara yang tidak berjalan dengan baik bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan bahkan kematian yang lebih cepar," ujar Lisa Jaremka, yang memimpin penelitian di Institute for Behavioural Medicine Reseach di Ohio State University, seperti dikutip dari Times of India.


Menurut Lisa, penelitian yang dilakukannya sangat penting. Karena kita harus mengerti bagaimana kesepsian dan hubungan asmara memengaruhi kesehatan. "Semakin kita tahu mengenai prosesnya, semakin besar kemungkinan untuk mengatasi efek negatifnya.

Hasil penelitian didapat berdasarkan beberapa penelitian yang dikumpulkan dari dua populasi. Yaitu kelompok paruh baya yang kelebihan berat badan dan kelompok survivor kanker payudara.

Para peneliti mengukur tingkat kesepian menggunakan Loneliness Scale, kuesioner yang menilai persepsi tentang isolasi dan kesepian. Pertama-tama, peneliti memeriksa kondisi sistem imun yang berhubungan dengan kesepian, dengan cara mengukur level antibodi dalam darah yang diproduksi ketika virus herpes aktif.

Partisipan yang merupakan 200 survivor kanker payudara dianalisa darahnya, untuk mengetahui keberadaan antibodi yang melawan virus-virus penyebab herpes. Hasilnya, responden yang merasakan kesepian mengalami peningkatan level antibodi dibandingkan responden yang tidak merasakan kesepian. Antibodi memang penting untuk melawan penyakit, tapi bila jumlahnya terlalu tinggi bisa menyebabkan rasa sakit, depresi dan kelelahan. Tiga hal itu yang kemudian memicu timbulnya gangguan kesehatan serius bagi tubuh.



Sumber: http://wolipop.detik.com/read/2013/02/04/071908/2160051/1135/studi-kesepian-bisa-mengganggu-sistem-imun-tubuh?w992201835